Kamis, 17 November 2011


Oleh: alfa syifa, dkk

BAB I
PENDAHULUAN
Makkah dan Madinah merupakan dua kota istimewa bagi umat Islam yang terletak di jazirah Arab. Dianggap istimewa karena di sanalah umat muslim sedunia akan berkumpul di suatu moment untuk melaksanakan runtutan ibadah yang sakral.
Haji merupakan rukun bagi umat islam yang kelima. Setiap muslim yang mampu secara jasmani, rohani dan materi wajib memenuhinya. Berbicara mengenai konsep mampu (isthitha’ah), ulama berbeda pendapat tentangnya. Dalam ketentuan Imam Abu Hanifah, isthitha’ah hanyalah kemampuan materi/finansial saja. Berbeda dengan Imam Asy-Syafi’i yang membedakannya menjadi dua, yaitu mampu fisik dan harta dan mampu harta saja.[1]
Permasalahan yang umum dihadapi orang-orang Islam adalah bolehkah adanya perwakilan dalam ibadah mahdhah, seperti shalat, puasa dan juga haji. Di dalam makalah ini, penulis membahas tentang perwakilan ibadah haji bagi orang yang meninggal yang tercakup dalam pembahasan hadits ahkam.







BAB II
PEMBAHASAN
1.      Analisa Teks Hadits
حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَاعِيلَ حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ عَنْ أَبِي بِشْرٍ عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ امْرَأَةً مِنْ جُهَيْنَةَ جَاءَتْ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَتْ إِنَّ أُمِّي نَذَرَتْ أَنْ تَحُجَّ فَلَمْ تَحُجَّ حَتَّى مَاتَتْ أَفَأَحُجُّ عَنْهَا قَالَ نَعَمْ حُجِّي عَنْهَا أَرَأَيْتِ لَوْ كَانَ عَلَى أُمِّكِ دَيْنٌ أَكُنْتِ قَاضِيَةً اقْضُوا اللَّهَ فَاللَّهُ أَحَقُّ بِالْوَفَاءِ
Dari Musa ibn Isma’il dari Abu ‘Awanah dari Abi Bisyr dari Sa’id ibn Jubair dari Ibn ‘Abbas RA, menceritakan bahwa seorang perempuan mendatangi Nabi SAW dan berkata “sesungguhnya ibuku telah bernadzar/berniat untuk melaksanakan haji, namun ia belum sempat melaksanakannya dan keburu meninggal, apakah saya harus menggantikannya ?” maka Nabi pun menjawab “ya, hajilah untuknya, tidakkah kau tau seandainya ibumu mempunyai hutang, apakah kamu yang wajib melunasinya ? lakukanlah ini karena Allah, karena sesungguhnya Allah Maha Mencukupi”.  
Hadits di atas terdapat dalam Shahih al-Bukhari nomor 1720, Bab : al-hajj, Sub bab : al-hajj wa an-nudzur ‘an al-mayyiti wa ar-rajulu yahujja ‘an al-mar’ati
2.      Takhrij al-Hadits
Terdapat beberapa matan hadits yang berbeda yang menyangkut pembahasan ini, di antaranya :
*        (sunan an-Nasa’i, no  : 2586, bab : manasik al-haj, sub bab : al-haj ‘an al-mayyit alladzi lam yahuj)
أَخْبَرَنَا عِمْرَانُ بْنُ مُوسَى قَالَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَارِثِ قَالَ حَدَّثَنَا أَبُو التَّيَّاحِ قَالَ حَدَّثَنِي مُوسَى بْنُ سَلَمَةَ الْهُذَلِيُّ أَنَّ ابْنَ عَبَّاسٍ قَالَ أَمَرَتْ امْرَأَةٌ سِنَانَ بْنَ سَلَمَةَ الْجُهَنِيَّ أَنْ يَسْأَلَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّ أُمَّهَا مَاتَتْ وَلَمْ تَحُجَّ أَفَيُجْزِئُ عَنْ أُمِّهَا أَنْ تَحُجَّ عَنْهَا قَالَ نَعَمْ لَوْ كَانَ عَلَى أُمِّهَا دَيْنٌ فَقَضَتْهُ عَنْهَا أَلَمْ يَكُنْ يُجْزِئُ عَنْهَا فَلْتَحُجَّ عَنْ أُمِّهَا

*        Musnad ahmad, 2033, bab : wa min musnadi bani hasyim, sub bab : bidayatu musnadi ‘abdillah ibn ‘abbas
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ أَبِي بِشْرٍ قَالَ سَمِعْتُ سَعِيدَ بْنَ جُبَيْرٍ يُحَدِّثُ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ امْرَأَةً نَذَرَتْ أَنْ تَحُجَّ فَمَاتَتْ فَأَتَى أَخُوهَا النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَسَأَلَهُ عَنْ ذَلِكَ فَقَالَ أَرَأَيْتَ لَوْ كَانَ عَلَى أُخْتِكَ دَيْنٌ أَكُنْتَ قَاضِيَهُ قَالَ نَعَمْ قَالَ فَاقْضُوا اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ فَهُوَ أَحَقُّ بِالْوَفَاءِ
*        Musnad ahmad 2387, bab : wa min musnadi bani hasyim, sub bab : bidayat musnad ‘abdillah ibn ‘abbas
حَدَّثَنَا عَفَّانُ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ أَخْبَرَنَا أَبُو التَّيَّاحِ عَنْ مُوسَى بْنِ سَلَمَةَ قَالَ حَجَجْتُ أَنَا وَسِنَانُ بْنُ سَلَمَةَ وَمَعَ سِنَانٍ بَدَنَةٌ فَأَزْحَفَتْ عَلَيْهِ فَعَيَّ بِشَأْنِهَا فَقُلْتُ لَئِنْ قَدِمْتُ مَكَّةَ لَأَسْتَبْحِثَنَّ عَنْ هَذَا قَالَ فَلَمَّا قَدِمْنَا مَكَّةَ قُلْتُ انْطَلِقْ بِنَا إِلَى ابْنِ عَبَّاسٍ فَدَخَلْنَا عَلَيْهِ وَعِنْدَهُ جَارِيَةٌ وَكَانَ لِي حَاجَتَانِ وَلِصَاحِبِي حَاجَةٌ فَقَالَ أَلَا أُخْلِيكَ قُلْتُ لَا فَقُلْتُ كَانَتْ مَعِي بَدَنَةٌ فَأَزْحَفَتْ عَلَيْنَا فَقُلْتُ لَئِنْ قَدِمْتُ مَكَّةَ لَأَسْتَبْحِثَنَّ عَنْ هَذَا فَقَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ بَعَثَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِالْبُدْنِ مَعَ فُلَانٍ وَأَمَرَهُ فِيهَا بِأَمْرِهِ فَلَمَّا قَفَّا رَجَعَ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ مَا أَصْنَعُ بِمَا أَزْحَفَ عَلَيَّ مِنْهَا قَالَ انْحَرْهَا وَاصْبُغْ نَعْلَهَا فِي دَمِهَا وَاضْرِبْهُ عَلَى صَفْحَتِهَا وَلَا تَأْكُلْ مِنْهَا أَنْتَ وَلَا أَحَدٌ مِنْ رُفْقَتِكَ قَالَ فَقُلْتُ لَهُ أَكُونُ فِي هَذِهِ الْمَغَازِي فَأُغْنَمُ فَأُعْتِقُ عَنْ أُمِّي أَفَيُجْزِئُ عَنْهَا أَنْ أُعْتِقَ فَقَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ أَمَرَتْ امْرَأَةُ سَلْمَانَ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ الْجُهَنِيَّ أَنْ يَسْأَلَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ أُمِّهَا تُوُفِّيَتْ وَلَمْ تَحْجُجْ أَيُجْزِئُ عَنْهَا أَنْ تَحُجَّ عَنْهَا فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَرَأَيْتَ لَوْ كَانَ عَلَى أُمِّهَا دَيْنٌ فَقَضَتْهُ عَنْهَا أَكَانَ يُجْزِئُ عَنْ أُمِّهَا قَالَ نَعَمْ قَالَ فَلْتَحْجُجْ عَنْ أُمِّهَا وَسَأَلَهُ عَنْ مَاءِ الْبَحْرِ فَقَالَ مَاءُ الْبَحْرِ طَهُورٌ
*        Sunan ad-Darimi – 2227 – kitab : an-nudzur wa al-Ayman – sub bab : al-wafa bi an-nudzur
أَخْبَرَنَا سَهْلُ بْنُ حَمَّادٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ أَبِي بِشْرٍ عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ امْرَأَةً نَذَرَتْ أَنْ تَحُجَّ فَمَاتَتْ فَجَاءَ أَخُوهَا إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَسَأَلَهُ عَنْ ذَلِكَ فَقَالَ لَهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَوْ كَانَ عَلَيْهَا دَيْنٌ كُنْتَ قَاضِيَهُ قَالَ نَعَمْ قَالَ فَاقْضُوا اللَّهَ فَاللَّهُ أَحَقُّ بِالْوَفَاءأَخْبَرَنَا سَهْلُ بْنُ حَمَّادٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ أَبِي بِشْرٍ عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ امْرَأَةً نَذَرَتْ أَنْ تَحُجَّ فَمَاتَتْ فَجَاءَ أَخُوهَا إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَسَأَلَهُ عَنْ ذَلِكَ فَقَالَ لَهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَوْ كَانَ عَلَيْهَا دَيْنٌ كُنْتَ قَاضِيَهُ قَالَ نَعَمْ قَالَ فَاقْضُوا اللَّهَ فَاللَّهُ أَحَقُّ بِالْوَفَاءِأَخْبَرَنَا سَهْلُ بْنُ حَمَّادٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ أَبِي بِشْرٍ عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ امْرَأَةً نَذَرَتْ أَنْ تَحُجَّ فَمَاتَتْ فَجَاءَ أَخُوهَا إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَسَأَلَهُ عَنْ ذَلِكَ فَقَالَ لَهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَوْ كَانَ عَلَيْهَا دَيْنٌ كُنْتَ قَاضِيَهُ قَالَ نَعَمْ قَالَ فَاقْضُوا اللَّهَ فَاللَّهُ أَحَقُّ بِالْوَفَاءِأَخْبَرَنَا سَهْلُ بْنُ حَمَّادٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ أَبِي بِشْرٍ عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ امْرَأَةً نَذَرَتْ أَنْ تَحُجَّ فَمَاتَتْ فَجَاءَ أَخُوهَا إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَسَأَلَهُ عَنْ ذَلِكَ فَقَالَ لَهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَوْ كَانَ عَلَيْهَا دَيْنٌ كُنْتَ قَاضِيَهُ قَالَ نَعَمْ قَالَ فَاقْضُوا اللَّهَ فَاللَّهُ أَحَقُّ بِالْوَفَاءِأَخْبَرَنَا سَهْلُ بْنُ حَمَّادٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ أَبِي بِشْرٍ عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ امْرَأَةً نَذَرَتْ أَنْ تَحُجَّ فَمَاتَتْ فَجَاءَ أَخُوهَا إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَسَأَلَهُ عَنْ ذَلِكَ فَقَالَ لَهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَوْ كَانَ عَلَيْهَا دَيْنٌ كُنْتَ قَاضِيَهُ قَالَ نَعَمْ قَالَ فَاقْضُوا اللَّهَ فَاللَّهُ أَحَقُّ بِالْوَفَاءِِ
3.      Analisa Sanad
Keterangan para rawi dalam hadits utama adalah sebagai berikut :
Nama
Kunyah
Tingkatan
Penilaian
Musa ibn Isma’il
Abu Salamah
Sughra min al- atba’
Tsiqah tsabat
Wadhdhah ibn ‘Abdillah
Abu ‘Awanah
Kibar al-Atba’
Tsiqah tsabat
Ja’far ibn Iyyas
Abu Bisyr
Sughra min at-Tabi’in
Tsiqah
Sa’id ibn Jubair ibn Hasyim
Abu Muhammad
Al-Wustha min at-Tabi’in
Tsiqah tsabat
Abdullah ibn ‘Abbas
Abu al-‘Abbas
Shahabat
Al-‘adalah wa at-tautsiq

4.      Tahqiq Hadits
Hadits Bukhary ini diriwayatkan oleh para perawi yang tsiqah dan juga sanadnya muttashil hingga Rasulullah
     


5.      Ma’na Mufradat
Mufradat yang digunakan dalam hadits ini familiar dan mudah dipahami, maka penulis hanya bermaksud menyantumkan kata-kata yang agaknya mempunyai maksud tersendiri, di antaranya :
أرأيت :  tahukah kamu
قاضية : pelunas/yang menanggung hutang
الوفاء : menepati/mencukupi

6.      Syarah Hadits
Ibadah haji yang merupakan rukun kelima bagi muslim telah diwajibkan dalam nash al-qur’an maupun hadits dengan beberapa persyaratan, yang salah satu yang terpenting adalah mampu (isthitha’ah). Berikut adalah nash yang menjelaskan tentangnya :
وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلًا
mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah” (Ali ‘Imran : 97)
Dijelaskan bahwa mampu yaitu: orang yang sanggup mendapatkan perbekalan dan alat-alat pengangkutan serta sehat jasmani dan perjalananpun aman.
Berkaitan dengan konsep mampu, hadits utama yang pemakalah cantumkan di atas beserta hadits yang mempunyai ma’na yang sama namun dengan redaksi yang berbeda menjelaskan bahwa orang yang telah berkeinginan/bernazdar untuk haji namun ia keburu meninggal sebelum melaksanakannya, maka ia dapat diwakili oleh orang lain/ahli waris sebagaimana ahli waris yang berkewajiban untuk melunasi hutang orang yang meninggalkannya.
Tujuan utama pewakilan ini adalah untuk menggugurkan kewajiban orang yang telah meninggal tersebut, karena nadzar haruslah dipenuhi sampai kapanpun. Lalu, bagaimana dengan perwakilan haji bagi orang yang telah udzur atau berhalangan ? apakah diperbolehkan juga ?
Imam asy-Syafi’i berpendapat bahwasannya hal seperti ini diperbolehkan dengan berpedoman pada hadits Nabi yang di ambil dari Shahih al-Bukhari, kitab : al-Hajj, bab : al-Hajj ‘an man la yastathi’ as-Subut ‘ala ar-Rahilah : [2]
جاءت امرأة خثعم عام حجة الوداع قالت يا رسول الله انّ فريضة الله علي عباده في الحج أدركت أبي شيخا كبيرا لا يستطيع أن يستوي على الراحلة فهل يقضى عنه أن أحج عنه قال نعم
Hadits tersebut memperbolehkan badal haji bagi orang yang telah udzur (usia tua) yang tidak kuasa lagi untuk melaksanakannya (tidak kuat berada di atas kendaraan). Juga diperkuat dengan ucapan shahabat ‘Ali ibn Abi Thalib kepada seorang yang telah tua :
إن شئت فجهز رجلا يحج عنك[3]
Maksud dari ucapan ini adalah jika bagi seseorang yang lemah fisik namun ia mampu/memiliki harta yang cukup untuk ONH, ia wajib melaksanakan haji yaitu dengan mewakilkannya kepada orang lain.
Namun di sini tidaklah disinggung apakah pahala haji tersebut untuk yang bernadzar ataukah untuk yang mewakilkan, karena penulispun tidak menemukan hadits/dalil yang menunjukannya. Persoalan pahala hanya Allah lah yang mengetahui dan menentukannya. Wallahu a’lam.



BAB III
KESIMPULAN

Berdasar hadits dari shahih Bukhari nomor 1720 beserta hadits yang seredaksi dengannya, dapat di ambil kesimpulan bahwa hukum seputar perwakilan haji (haji badal) adalah diperbolehkan. Illat dari pembolehan ini adalah pemenuhan nadzar dari orang yang telah meninggal sebelum memenuhinya. Lalu, untuk orang yang telah udzur (lanjut usia) atapun cacat atau lemah fisik dan mempunyai harta yang cukup, ia dapat melaksanakannya dengan cara diwakilkan pada orang lain.

REFERENSI
§  Skripsi Hukum Haji Badal (Studi Komparasi antara Imam Abu Hanifah dan Imam Asy-Syafi’i), Moh. Syarif Hidayat, Perbandingan Madzhab dan Hukum, fak. Syariah 2006, UIN Sunan Kalijaga.
§  CD Room Maushu’ah al-Hadits asy-Syarif
§  Hadits-Hadits Muttafaq ‘Alaih bagian Ibadat, KH. Ahmad Mudjab Mahalli, Prenada Media, Jakarta Timur, 2003.





[1] Moh. Syarif Hidayat, Skripsi Hukum Haji Badal, (Jogjakarta : UIN SUKA), 2006, hlm. 60
[2] Moh. Syarif Hidayat, Skripsi Hukum Haji Badal, (Jogjakarta : UIN SUKA), 2006, hlm. 65
[3] Asy-Syafi’i, Al-Umm , II:126

ads

Ditulis Oleh : Viralkan Hari: 00.12 Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar